Sudah sejak lama, sejak masa-masa kelas 2 'Aliyah, saya suka membeli & mengoleksi buku-buku self development. Ada yang sampai habis saya baca, ada juga yang terhenti di tengah-tengah, & tak habis saya baca.Buku self development pertama yang saya baca adalah ESQ 165 Ary Ginanjar Agustian. Baca buku itu bikin saya semangat & optimis dalam memandang kehidupan.

Namun, dari sekian buku-buku itu, apakah saya sudah mengaplikasikannya ke dalam kehidupan? Jawabannya iya, tapi tidak maksimal. Kenapa? Karena membaca buku, berbeda dengan mengikuti pelatihan. Dan pelatihan pun, berbeda dengan dunia realita. Buku adalah teori, pelatihan adalah teori & praktek, tapi mungkin sedikit. Sedangankan dunia realita adalah praktek yang sebenarnya, sedangkan teori adalah bekal. Kalau membaca buku, mungkin yang banyak terkuras adalah otak kiri, otak kanan sedikit (khususnya buku-buku teori, non-fiksi). Sedangkan di dunia real, otak kiri & kanan harus digunakan keduanya. Bahkan harus lebih banyak otak kanan (kreatifitas). Inilah mungkin kenapa tali di atas toga ketika wisuda, dipindah dari kiri ke kanan. Hehehe...

Lalu, bagaimana dengan teori-teori yang sudah dibaca tadi? Teori-teori tadi sudah menjadi program-program / file-file baik, positif & kaya di dalam pikiran kita. Namun jangan lupa, di dalam pikiran kita juga sudah ada file-file jahat, negatif & miskin. Ya, kedua file-file itu bertarung. File-file yang kalah, maka akan mengendap. Oleh karena itu, jika ingin file-file baik, positif & kaya menang, maka salah satu caranya adalah dengan terus mempraktekkannya tanpa harus memperdulikan bisikan file-file jahat, negatif & miskin. Jika Anda tetap bersiteguh menjalankan file-file baik, maka file-file jahat akan selalu memberontak dan melawan. Ini wajar. Bukankah selain menciptakan malaikat, Tuhan juga menciptakan iblis? Hehehe...

Ini mirip seperti cerita dalam film The Matrix (film tahun 90an). Pertarungan antara karakter utamanya, Neo, melawan agen-agen jahat yang selalu menghalanginya (tonton film ini! Recommended banget). Tahukah Anda, pronunciation / pelafalan Neo itu, terdengar mirip dengan pronunciation Neuro? Ya, mirip banget. Neo terdengar mirip dengan kata Neuro dalam Neuro Linguistic Programming (NLP). Menurut saya, film The Matrix adalah metafora tentang NLP itu sendiri.

Oleh karena itu, saya bertanya kepada diri saya sendiri, "sudahkah saya mempraktekkan apa yang saya baca?", "bagaimana caranya agar saya bisa mempraktekkan apa yang saya baca, sampai saya sukses dan kaya?", "bagaimana caranya agar file-file kaya yang mengendap di dalam pikiran saya dapat menang melawan file-file miskin yang bercokol di dalam pikiran saya, agar diri saya bisa menjadi kaya raya?"

Dan jawaban pun datang. Ada Ki Ngawur Permana & Nyi Damar Sagiri; suami-istri penulis 2 buku dari buku-buku favorit saya, yang mengajak saya mengikuti pelatihan & bimbingan online full 1 tahun, Kelas Laduni untuk Kekayaan, plus bonus Kelas Psychology of Selling, di 3LM Master Mind (#3LMasterMind).

Di 3LM Master Mind ini, saya mendapatkan lebih banyak praktek dalam memunculkan file-file kekayaan yang selama ini mengendap, & mengalahkan file-file miskin. Mau tau, bagaimana kongkretnya file-file kaya & file-file miskin itu? Hehehe...

Jika Anda sudah banyak membaca buku & ikut pelatihan tentang self development, NLP, kesuksesan & kekayaan, namun belum merasa sukses & kaya seperti saya belum merasakannya juga, maka saya menyarankan, berhentilah! Bukan berarti saya menyuruh Anda untuk berputus asa. Maksud saya adalah, berhenti sejenak (ibarat dalam sembahyang, ber-thuma'ninah-lah, sebelum pindah ke gerakan selanjutnya), dan tengoklah 3LM Master Mind #3LMasterMind. Kenali apa yang salah dalam pikiran kita selama ini. Saya sangat merekomendasikan agar Anda ikut kelas-kelasnya, kalahkan file-file miskin dalam pikiran Anda, & menangkan file-file kaya di dalamnya. Ikuti Kelas Laduni untuk Kekayaan. Karena di dalam kelas-kelas 3LM Master Mind, banyak teori baru yang saya dapatkan, & banyak praktek yang saya lakukan, termasuk teori-teori & praktek-praktek NLP. Hidup terasa menjadi lebih baik dari hari-sebelumnya.

#3LMasterMind
#3LMLaduniKekayaan
#3LMPsikologiPenjualan
#3LMasterMindHuna