Self HypnoHealing and Therapy; Gampang Kok.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1.      Carilah waktu rileks anda, atau anda merilekskan diri.

2.      Diamlah sejenak fokus pada pikiran anda.

3.      Anda bisa menutup mata atau membukanya. Bila anda berada di ruang tertutup, bisa dilakukan dengan mata tertutup. Atau anda berada di keramaian, anda bisa tetap membuka mata anda.

4.      Anda sedang cemas? Khawatir? Anda baru saja mendengar berita yang mengagetkan anda? Anda sedih? Anda berada di tempat umum? Maka anda sebaiknya menenangkan diri dan hati anda. Cari tempat yang bisa merilekskan hati dan pikiran anda, kemudian pusatkan pikiran anda. Diamlah sejenak. Pastikan anda mengatakan pada diri anda, bahwa Tuhan selalu berada di dekat anda, atau “Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adzhiim”, bila anda Muslim:

اللهُ حَاضِرِي, اللهُ نَاظِرِي, اللهُ شَاهِدٌ عَلَيَّ, اللهُ مَعِي, اللهُ مُعِيْنِي, وَ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ مُحِيْطٌ. (الذكر للشيخ معروف الكرخي رحمه الله) 11x
Allah hadir (bersamaku), Allah melihatku, Allah menyaksikanku, Allah bersamaku, Allah penolongku, dan Dia atas segala sesuatu adalah Maha Meliputi. (Dzikir Syeikh Ma’ruf Al-Karkhi rahimahullaah)
لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

5.      Ambil nafas dalam, tahan 3 detik, hembuskan. Lakukan minimal 5 kali. Mengambil nafas dalam dapat menurunkan gelombang otak anda dari beta ke alfa; dari gelombang otak kewaspadaan ke gelombang rileks. Atau anda mengambil wudhu. Dengan air anda bisa menjadi lebih rileks. Air dapat menurunkan gelombang otak anda. Anda pun menjadi lebih tenang.

6.      Bila anda telah menarik nafas dalam dan menghembuskannya, rilekskan tubuh anda. Rasakan bahwa leher anda dan posisi anda telah rileks. Bisa dalam keadaan duduk, bisa juga sedang berbaring. Duduk dan berbaringlah dengan rileks. Bila anda sedang berada di rumah, bisa anda lakukan dalam kamar, atau setelah sholat, atau ketika berzikir. Rasakan lemas pada leher, lemas pada kaki, lemas pada tangan. Rileks, dan anda merasa nyaman.

7.      Bersyukurlah dengan segala apapun yang telah anda terima dari Tuhan. anda bersyukur bahwa anda masih mempunyai kehidupan yang luar biasa, panca indra yang baik, keluarga yang memperhatikan anda, anda mempunyai teman dan sahabat, anda masih bisa menghirup udara ini dengan gratis. Bersyukurlah, karena bersyukur akan membuat hati anda tenang:

اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

8.      Setelah bersyukur, katakan dalam hati anda, bahwa Tuhan tidak akan memberi anda dan keluarga cobaan yang melebihi kemampuan. Katakan itu berkali-kali, dan mohonlah kemudahan. Bila anda Muslim, anda bisa membaca surat Alquran Albaqarah ayat 286:

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ - 2:286  
Sahih International English Translation
Allah does not charge a soul except [with that within] its capacity. It will have [the consequence of] what [good] it has gained, and it will bear [the consequence of] what [evil] it has earned. "Our Lord, do not impose blame upon us if we have forgotten or erred. Our Lord, and lay not upon us a burden like that which You laid upon those before us. Our Lord, and burden us not with that which we have no ability to bear. And pardon us; and forgive us; and have mercy upon us. You are our protector, so give us victory over the disbelieving people."

Yusuf Ali English Translation
On no soul doth Allah Place a burden greater than it can bear. It gets every good that it earns, and it suffers every ill that it earns. (Pray:) "Our Lord! Condemn us not if we forget or fall into error; our Lord! Lay not on us a burden Like that which Thou didst lay on those before us; Our Lord! Lay not on us a burden greater than we have strength to bear. Blot out our sins, and grant us forgiveness. Have mercy on us. Thou art our Protector; Help us against those who stand against faith."

Indonesian Translation
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

9.      Bayangkan anda berada di suatu tempat yang amat membuat bahagia. Bayangkan, rasakan dan kecap, bahwa kebahagian pada hati anda saat ini benar-benar datang, dan dapat anda rasakan. Bila anda mengulang perasaan bahagia itu, perbesar terus, dan letakkan tangan anda di dada, ketika rasa bahagia itu telah hadir dan benar-benar telah hadir saat ini di hati anda. Ini yang disebut anchor.

10.  Kemudian bila anda telah selesai meng-HypnoHealing dan Therapy diri anda, pelan-pelan anda kembali membuka mata anda dan ucapkan syukur:

اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنِ.