'Kokoro' (Mind) of Judo

No automatic alt text available. 
Kodokan Judo
 
Judo dicintai oleh semua generasi. Kamu dapat melihat banyak orang dari beragam usia, dari umur enam tahun sampai lebih dari delapan puluh tahun, dan banyak orang dari beragam profesi, bangsa, pria dan wanita, semua menikmati Judo di Kodokan.
Mereka semua memiliki tujuan tersendiri dalam berlatih Judo. Ada yang bertujuan ingin menjadi kuat, ada yang untuk kesehatan, ada yang bertujuan ingin memperkuat pikiran, ada juga yang suka setelah berkeringat habis latihan Judo, ada yang ingin buat bela-diri, ada yang ingin menjadi instruktur/pelatih Judo, dan ada juga yang sudah dikhususkan untuk melatih orang lain.
 
Mengapa Judo menarik banyak orang dari semua usia dan menarik banyak orang dengan beragam tujuan yang berbeda?
 
Prof. Jigoro Kano menciptakan Judo dari Jujutsu sebagai sarana untuk mempelajari prinsip yang besar dari kemanusiaan, tidak hanya untuk belajar Waza (teknik/gerakan).
 
Dia memberi nama lembaga pelatihannya dengan nama 'Kodokan'. Kata 'Kodo' berarti belajar, membuktikan dan mempraktekkan prinsip. Fakta bahwa Prof. Kano menamai Judo dengan 'Kodokan Judo', menunjukkan kepada kita bagaimana ia membuat banyak prinsip dan membuatnya tujuan utama hidup untuk belajar.
 
Prof. Kano sendiri mengatakan bahwa tujuan dari Judo adalah untuk memperkuat tubuh dengan berlatih serangan dan pertahanan, untuk melengkapi kepribadian dengan melatih pikiran dan akhirnya untuk mengabdikan diri kepada masyarakat.
 
No automatic alt text available. 
"Efisiensi yang maksimal serta kesejahteraan dan manfaat bersama".
 
Gambar di atas adalah sebuah kaligrafi oleh Prof. Kano, yang ukiran tulisannya menunjukkan prinsip serta gagasan Judo: "Efisiensi yang maksimal serta kesejahteraan dan manfaat bersama".
 

Posting Komentar

0 Komentar