Bahasa dan Judo

oleh: Muhammad Atho'illah “Maka berbicaralah kamu berdua kepada Fir’aun dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan dia sadar atau takut.”
[QS. Taahaa (20): 44]
Ketika mendengar kata 'bahasa', mungkin yang akan mencuat dalam pikiran adalah sesuatu yang sifatnya 'verbal'. Dalam bidang Bahasa secara spesifik (mungkin lebih tepatnya dalam bidang Komunikasi), Bahasa tidak lagi hanya Verbal, tetapi juga Non-Verbal, seperti: Bahasa Tubuh, Bahasa Wajah, Bahasa Isyarat, Suara dan Intonasi, dll.
Dari Bidang Bahasa, mari berpindah ke Judo. Ketika mendengar kata Judo, tentunya yang terbersit dalam pikiran adalah sesuatu yang sifatnya 'Fisikal', Non-Verbal. Namun sejak lama, ketika sudah sekitar setahun saya berlatih Judo dulu, saya mendapatkan info di Internet, tentang sebuah buku yang bertema 'Verbal Judo'. Dari tema itu saya mendapatkan kesan bahwa, "Jika suatu konflik bisa diselesaikan dengan percakapan, mengapa harus menggunakan fisik?", dan "Jika suatu konflik bisa diselesaikan dengan kata-kata, mengapa harus menggunakan senjata?"
Sebuah judul yang sangat provokatif, menurutku, dalam bidang Komunikasi. Mungkin untuk saat ini saya tidak bisa membeli buku itu. Mungkin tak ada yang menjualnya 'disini', dan juga, jika pun punya link membelinya ke negara lain, tentu ribet dan mahal. Namun dengan menerawang substansi dari buku itu, saya harap saya tetap bisa mempelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin.

Posting Komentar

0 Komentar